Senin, 06 Juli 2015

ALAT PERAGA IPA UNTUK KELAS 5 SD

LAPORAN
ALAT PERAGA
“REPLIKA JANTUNG dan CARA KERJA JANTUNG”
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Media Pembelajaran dan ICT
Dosen Pengampu : Nur Amalia, M.Teach



Disusun Oleh :
Rendra Ari Ekawati    (A510130174)
Diana Ambarsari         (A510130175)
Syaiful Amri S              (A510130176)
Caesar Yanuar A         (A510130177)
Soni Bagus A                (A510130178)
Intan Dwi Astuti N       (A510130180)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2015

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Jantung adalah salah satu organ vital manusia yang terletak di dalam rongga dada. Organ ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia. Jantung berperan dalam sistem sirkulasi dan berfungsi sebagai alat pemompa darah. Kontraksi dan relaksasi yang teratur dari otot-otot jantung memungkinkan darah yang mengandung banyak oksigen dari paru-paru dipompakan ke seluruh tubuh dan darah yang berasal dari seluruh tubuh dipompakan ke dalam paru-paru pada saat yang bersamaan. Mekanisme ini berlangsung terus-menerus dan memungkinkan jaringan tubuh kita mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah untuk proses metabolisme tubuh. Dari beberapa hal tersebut, penyampaian materi ajar mengenai jantung tidak akan efektif jika hanya secara teori saja, tanpa adanya media yang mendukung. Penyebab ketidakefektifan tersebut jarang ditemuinya alat peraga jantung yang digunakan untuk mempelajari dan menjelaskan proses peredaran darah ke seluruh tubuh, maka dari itu perlu adanya alat peraga sirkulasi darah agar siswa mudah memahami bagaimana proses peredaran darah bisa terjadi.
Dari hal ini, penulis bermaksud untuk membuat media yang berupa Replika Jantung dan cara kerja jantung untuk memudahkan siswa dalam memahami materi mengenai jantung dan cara kerjanya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat replika jantung dan replika cara kerja jantung?
2.      Bagaimana cara pembuatan replika jantung dan replika cara kerja jantung?
3.      Bagaimana cara kerja replika jantung dan replika cara kerja jantung?
4.      Bagaimana pengimplementasian replika jantung dan replika cara kerja jantung?
5.      Apa saja kekurangan dan kelebihan dari replika jantung dan replika cara kerja jantung?


BAB II
METODE PEMBUATAN
A.    Alat dan Bahan
1.      Replika Jantung


Alat :
a.       Panci
b.      Kompor
c.       Sendok
d.      Baskom
 
Bahan :
a.       Koran
b.      Tepung kanji
c.       Pewarna
d.      Air
e.       Kardus bekas


2.      Replika Cara Kerja Jantung


Alat           :
a.       Kuas
b.      Pisau Cutter
c.       Solder
d.      Paku
e.       Gergaji
  
Bahan        :
a.       Botol bekas
b.      Papan triplek 70x30 cm
c.       Gel pen
d.      Gotri
e.       Selang 3m
f.       Pewarna / Cat + air
g.      Lem
h.      Busa Karet
i.        Tali
j.        Lakban



B.     Cara Pembuatan
1.      Replika Jantung
a.       Menyiapkan alat dan bahan.
b.      Merendam koran bekas ± selama 5 hari.
c.       Mencampur tepung kanji dan koran yang telah direndam tadi dengan air panas.
d.      Menunggu sampai dingin.
e.       Membuat replika jantung dengan alas kardus bekas yang dibentuk persegi.
f.       Melukis bagian-bagian jantung dengan menggunakan cat air berwarna merah, biru, putih, serta kuning.
g.      Menjemur replika jantung sampai kering.
2.      Replika Cara Kerja Jantung
a.      Memotong papan triplek dengan ukuran + 70x30 cm dengan gergaji dan kemudian mengecatnya.
b.      Sambil menunggu cat kering, lalu botol-botol dilubangi bagian atas dan bawah menggunakan Solder sesuai dengan diameter selang.
c.      Menyiapkan triplek , kemudian lubangi triplek pada kedua ujungnya untuk diberi tali yang nantinya digunakan untuk menggantung Replika Jantung” tersebut.
d.     Potong Busa karet sebanyak 6 bagian sesuai ukuran. Rekatkan semua busa karet pada triplek menggunakan Lem, lalu rekatkan semua Botol pada busa karet (sebagai tumpuan).
e.      Untuk membuat katub, potong ballpoint dan ambil isinya, sisakan pegas dan dudukannya. Masukan gotri hingga gotri  terkunci oleh per dan ujung ulir ballpoint. Sehingga gotri dan per akan selalu bergerak untuk membuka dan menutup ketika mendapat tekanan.
f.       Sambungkan botol satu dengan botol yang lain dengan selang.  Alur penyambungan selang terdapat pada gambar disamping. Tambahkan Lem di penyambungan selang jika terasa longgar.
g.      Pasang katub dari ballpoint di antara bilik dan serambi.
h.      Rekatkan selang (pembuluh darah) pada triplek dengan lakban.
i.        Campurkan air dengan pewarna merah, lalu masukan air (darah) tersebut ke alat melalui bagian “paru-paru ” atau “tubuh”







BAB III
BAGIAN INTI
A.    Cara Kerja
1.      Replika Jantung
a.       Menyiapkan replika jantung
b.      Memperkenalkan replika jantung serta bagian-bagiannya.
2.      Replika Cara Kerja Jantung
a.       Pada saat bilik kiri jantung ditekan air akan mengalir dari bilik kiri ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi, kemudian menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik. Pada saat ditekan, air dari bilik kiri tidak bisa kembali / bercampur ke serambi kiri, pada saat ditekan katub akan menutup dan pada saat dilepas air akan turun dari serambi ke bilik kiri.
b.      Hal yang sama terjadi jika bilik kanan ditekan. Air akan mengalir dari bilik kanan ke paru – paru melalui pembuluh nadi paru-paru, kemudian menuju serambi kiri melalui pembuluh balik paru-paru. Pada saat bilik kanan ditekan, air dari bilik kanan tidak bisa kembali / bercampur ke serambi kiri. Karena fungsi kerja katub.
c.       Dalam alat ini, ketika salah satu bilik ditekan akan terjadi simulasi proses peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan seluruh tubuh. seluruh botol terhubung dengan selang (sebagai pembuluh darah) dan katub bekerja dalam waktu bersamaan meskipun hanya satu bilik yang ditekan. Sehingga air (darah) bersirkulasi layaknya system peredaran darah manusia.


B.     Implementasi Media Pembelajaran
Digunakan dalam mata pelajaran IPA kelas V semester 1 dengan materi “Alat        Peredaran Darah pada Manusia.
C.    Bentuk Evaluasi
1.      Kelebihan
a.       Alat dan bahan mudah di dapat.
b.      Memudahkan guru dalam mengajarkan kepada siswa mengenai jantung dan cara kerjanya.
c.       Siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi jantung.
d.      Siswa dapat memperoleh pengetahuan real bagaimana bentuk dan cara kerja jantung.
2.      Kekurangan
a.       Replika jantung tidak sama persis seperti bentuk asli jantung.
b.      Replika jantung tidak dapat memuat bagian-bagian jantung secara keseluruhan.





DOKUMENTASI
1.      Replika Jantung











2.      Replika Cara Kerja Jantung
\







Tidak ada komentar:

Posting Komentar